a

Indikator Harga

Pembukaan % Perubahan
EURUSD 1.18110 0.07%
GBPUSD 1.36860 0.11%
AUDUSD 0.75810 0.36%
NZDUSD 0.69600 0.29%
USDJPY 108.720 0.19%
USDCHF 0.93550 0.03%
USDCAD 1.25750 -0.05%
GOLDUD 1734.300 -0.04%
USD/IDR 14420 0.21%

Fokus NZDUSD:

      1. NZDUSD cenderung bergerak merah pagi ini
      2. Inflasi China dirilis dengan sinyal optimis



Selasa, 11 Mei 2021 - NZDUSD pagi ini mulai memangkas kerugian intradaynya kemarin, sementara mengambil tawaran di sekitar 0.72650. Pasangan kiwi baru-baru ini mengambil petunjuk dari angka inflasi utama China untuk bulan April tetapi suasana risk-off tetap menjaga pasangan untuk bergerak hati-hati. Pagi ini, angka Indeks Harga Konsumen (CPI) China mundur dari perkiraan -0.2% menjadi -0.3% MoM, jauh di atas -0.5% sebelumnya sedangkan CPI tahunan turun ke angka + 0.9% versus + 1.0% konsensus pasar tetapi melintasi + 0.4% pembacaan sebelumnya. Namun, Producer Price Index (PPI) naik melewati 4.4% sebelumnya dan ekspektasi pasar 6.6% ke level tertinggi sejak Oktober 2017 sebagai angka 6.8%. Sebelumnya pada hari itu, Penjualan Ritel Kartu Elektronik Selandia Baru, yang mencakup 68% dari Penjualan Ritel inti NZ, melonjak 108.7% YoY di bulan April versus 5.1% sebelumnya.
Terlepas dari kejutan negatif angka NFP AS pada hari Jumat dan penolakan pejabat Federal Reserve (Fed) atas kebijakan tapering, pasar tidak yakin karena aliran stimulus terus menandakan risiko kenaikan inflasi, yang pada gilirannya dapat memaksa Fed untuk menarik kembali sebagian kebijakan uang mudah. Alhasil, CPI AS hari Rabu untuk April akan bertindak untuk menjadi kunci yang harus diperhatikan. Perlu disebutkan bahwa anggota Partai Republik AS baru-baru ini mengurangi penentangan mereka terhadap stimulus berat Presiden Joe Biden, sehingga memudahkan jalan untuk mendapatkan lebih banyak paket bantuan. Di tempat lain, masalah pandemi COVID-19 di Asia tetap kuat, tetapi pengembangan vaksin membantu memerangi pesimisme.
Pada saat penulisan, NZDUSD masih gerak hati-hati dengan fokus zona support penting terdekat di level 0.72500 dengan resistance terdekatnya berada di areal 0.72700. Sementara, resistance terjauhnya berada di sekitar areal 0.73100 dan support terjauhnya di 0.72300.

AUDUSD – AUDUSD tetap tertekan kemarinmenuju resisten sebelumnya di 0.78200. Pasangan ini turun paling banyak dalam seminggu pada hari sebelumnya setelah berbalik arah dari puncak bulanan karena optimisme terhadap kelanjutan kebijakan Fed gagal. Ke depannya, Indeks Harga Konsumen (CPI) China dan Indeks Harga Produsen (PPI) hari ini juga penting untuk diperhatikan sebagai respon jangka pendek. Di tempat lain, Penjualan Ritel Maret Australia turun menjadi 1.3%, dibandingkan perkiraan awal 1.4%, sedangkan angka sentimen dari National Australia Bank (NAB) keluar lebih kuat. Namun, perlu dicatat bahwa tajuk pandemi di Asia tetap membayangi. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.78100 dan resistance di 0.78800.

EURUSD – EURUSD tetap dalam penawaran beli ringan di sekitar 1.214 pagi ini. Dengan demikian, pasangan gagal memperpanjang penurunan hari sebelumnya dari tertinggi 10 minggu karena sentimen pasar yang menyusut. Pergerakan baru-baru ini tampaknya berjuang untuk mendapatkan petunjuk baru karena para pedagang terpecah atas ketakutan refleksi dan kembali ke kebijakan uang mudah bank sentral utama. Dari dalam, salah satu pejabat ECB, Isabel Schnabel baru-baru ini muncul ke publik dan menolak kekhawatiran dari inflasi Jerman. Namun, bank sentral akan tetap "tajam" pada penilaiannya sebelum bergerak lebih jauh. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.21100 dan resistance di 1.21800.

GBPUSD – Poundsterling jadi salah satu mata uang yang berkinerja terbaik kemarin. Namun di belakang fakta tersebut, beberapa analis masih mengingatkan akan adanya risiko politik jangka menengah mungkin masih ada di Inggris, terkait Skotlandia dan lain-lain. Kendati demikian, pondasi masih kuat karena para optimis masih memanfaatkan anekdot positif menyusul wacana pelonggaran pembatasan yang masih kuat. Tidak akan ada rilis data ekonomi makro yang ditampilkan dalam map ekonomi AS hingga besok. Sementara juga, laporan PDB kuartal pertama, Data Produksi Industri dan Neraca Perdagangan Barang dari Inggris akan dilihat untuk dorongan baru di hari Rabu. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.40800 dan resistance di 1.41600.

USDCAD – USDCAD mengambil tawaran mendekati 1.21000 dalam awal sesi perdagangan hari ini. Pasangan Loonie kembali memperbarui level terendah sejak 2017, sebagai penurunan untuk hari keempat berturut-turut. Meskipun keuntungan komparatif dari penurunan Bank of Canada (BOC) mendukung penjual USDCAD, pemantulan terbaru pasangan ini dapat dilacak dari pemulihan Dolar AS di tengah kebingungan pasar. Selain itu, meredanya kekhawatiran penghentian pasokan minyak, karena serangan siber di Jalur Pipa Kolonial AS, menambah pergerakan naik USDCAD. Meskipun demikian, USDCAD akan tetap berhati-hati menjelang data inflasi AS hari Rabu dan perkembangan persepsi risiko lainnya. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 1.20800 dan resistance di 1.21400.

USDCHF – Harga mengikuti fluktuasi Indeks Dolar AS (DXY) yang mengambil tawaran di sekitar 90.33, meneruskan kenaikan harian kedua berturut-turut. Indeks USD sebelumnya turun ke level terendah dalam 10 minggu, pada hari Senin. Optimisme hari Jumat terhadap kebijakan uang mudah berkelanjutan dari Federal Reserve AS (Fed), didukung oleh bencana Nonfarm Payrolls (NFP), tidak dapat bertahan lama karena para pedagang cenderung mencari konfirmasi. Perlu disebutkan bahwa pembuat kebijakan Fed AS memancarkan sinyal beragam, dengan Presiden Fed Dallas Robert Kaplan menjadi orang yang paling ganjil yang mendukung tapering, yang pada gilirannya membebani sentimen pasar dan mendorong fokus pasar terhadap USD ketimbang CHF. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 0.90000 dan resistance di 0.90600.

USDJPY – Langkah apresiatif pasar mendorong pasangan untuk diperdagangkan pada catatan tenang di sekitar level 108.80, di mana saat ini sedang berfluktuasi dan berhasil mempertahankan wilayah positif. Langkah ini terutama disponsori oleh rebound imbal hasil Treasury AS setelah pejabat Fed menunjukkan kepercayaan pada pemulihan ekonomi AS yang sedang berlangsung. Para pejabat berkomentar bahwa data ketenagakerjaan satu bulan dapat dianggap sebagai analisis sementara untuk membuka kembali ekonomi di beberapa bagian. Di sisi lain, faktor internal akibat keadaan darurat baru-baru ini di Jepang menjadi ancaman bagi pemulihan ekonomi dalam beberapa kuartal mendatang. Terkait data, Pengeluaran Rumah Tangga di Jepang meningkat 6.20% di bulan Maret. Pada saat penulisan harga bergerak di kisaran support berada di areal 108.700 dan resistance di 109.020.


Data Ekonomi Harian

Jam Data Aktual Ekspektasi Sebelumnya
16:30 AU - Annual Budget Release - - -
21:30 GB - BOE Gov Bailey Speaks - - -

Riset Indonesia Commodity and Derivative Exchange

Forex Daily Newsletter




ICDX MEMBER